Text
Efektivitas Koordinasi Pelayanan Kesehatan Pengunsi di Pos Pengungsian Maguwoharjo pada Masa Tanggap Darurat Bencana Gunung Merapi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2010 : Tesis
Koordinasi pelayanan dikaji dari aspek komunikasi dan pengorganisasian. Komunikasi dilakukan dengan pertemuan setiap pagi dan sore yang melibatkan koordinasi pos pengunsian, koordinasi relawan, dan dinas kesehatan. Selain pertemuan, komunikasi juga dilakukan dengan cara sms gateway dan skype. Pengorganisasian dilakukan dengan membuat struktur organisasi, yang menggambarkan susunan personalia dan wewenangnya. Sampai akhir masa pengungsian diketahui bahwa tidak terjadi KLB, menurunnya angka kejadian penyakit, dan infeksi penyakit terkendali. Namun, masih ditemukan keterbatasan sumber daya manusia, sarana, dan tidak adanya prosedur standar pelayanan kesehatan pengungsi.
Tidak tersedia versi lain